5 Manfaat Journaling Demi Menjaga Mental

5 Manfaat Journaling Demi Menjaga Mental

Assalamuaikum wr.wb teman-temn pda kesematan kali ini saya akan membagikan tips yang berguna yaitu tentang 5 Manfaat Journaling Demi Menjaga Mental. Menulis journaling setiap harinya ternyata memiliki banyak manfaat yang baik itu diri ketika sendiri lho! Apa saja manfaatnya yuk simak!

1. Dapat Berbicara Dengan Diri Sendiri

5 Manfaat Journaling Demi Menjaga Mental

Manfaat yang pertama dari menulis jurnal adalah kita dapat berbicara dengan diri kita sendir. Hal ini karena tidak semua hal dapat kita sampaikan pada orang lain. Ada kalanya kita tidak ingin orang lain tau masalah yang sedang kita hadapi.  Nah daripada kamu bingung mau cerita ke siapa sebaiknya kamu mencoba untuk menulis jurnal. Selain cerita kamu sudah pasti aman, kamu juga dapat mengeluarkan emosi-emosi negatif yang ada di pikiran kamu. Dengan begitu pikiranmu akan mnejadi lebih fresh. Dengan menulis jurnal kamu juga akan merasa bebas karena tanpa perlu merasa dihakimi dan pastinya bisa mandapatkan teman berbicara yang baru,  seru kan?

2. Semangat Mengerjakan To Do List Sehari-Harinya

Menulis jurnal juga tidak hanya dapat dijadikan teman cerita lho! Kamu juga dapat menuliskan kegiatan yang kamu ingin lakukan di hari itu. Dengan menulis to do list maka semua hal yang ingin kamu lakukan akan terorganisir dengan baik. Apalagi setelah kamu berhasil menyelesaikan satu – persatu to do list atau tugas-tugas maka, akan timbul perasaan senang ketika kamu berhasil menceklis tugas yang sudah selesai.

Cara ini sudah saya lakukan sejak lama yaitu dengan menulis to do list yang akan saya lakukan keesokan harinya setiap malam sebelum tidur. Hingga setelah pagi tiba saya memiliki banyak kegiatan yang bisa saya lakukan sehingga menjadi lebih produktif. Saya tidak akan menjadi orang malas yang seharian hanya rebahan saja. Setidaknya ada beberapa hal positif yang bisa saya lakukan seperti membaca buku, mendengarkan podcast atau menulis.

Baca Juga: 5 Tips Mencintai Diri Sendiri

3. Menjadikan Tempat Refleksi Diri

Kalian pasti pernah melakukan kesalahan bukan? Maka menulis jurnal dapat kamu jadikan tempat refleksi diri. Terkadang kita sebagai manusia juga tidak luput dari kesalahan masa lalu. Dengan menulis jurnal tentu kita akan kembali mengingat apa saja kesalaan-kesalahan yang pernah kita buat sebelumnya sehingga kedepannya kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Dahulu aya merupakan orang yang cepat stress ketika melakukan kesalahan. Padahal saya juga manusia tetapi saya selalu saja menyalahan diri sendiri ketika melakukan kesalahan. Untuk itu, sekarang saya mencoba menulis semua kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan dulu dan mencoba untuk melupakannya. Kedepannya juga ketika menghadapi situasi yang sama maka, saya akan lebih berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan lagi.

4. Menulis memori

Tidak semua kenangan hanya dapat diabadikan dengan foto, kita juga dapat mengabadikan moment dengan menulis jurnal. Dengan menulis setiap kenangan yang kita alami maka, ketika melihat kembali tulisan tersebut kita dapat mengenang masa lalu. Perasaan senang, sedih,  kecewa itu dapat kita jadikan evaluasi kedepannya untuk lebih baik lagi dalam menjalani hidup.

Saya punya tips lain untuk teman-teman dalam menulis jurnal agar lebih menarik. Kamu juga dapat memasukkan foto-foto yang dicetak polaroid dan memasukkan detail menarik tentang foto tersebut dalam sebua tulisan. Selain kenangan kamu akan terus diingat, pastinya kamu juga akan mengingat perasaan yang kamu rasakan saat menulis.

5. Mengingat Tujuan

Jika kamu memilki mimpi-mimpi yang ingin kamu capai maka, menulis jurnal membuat kamu mengingat kembali mimpi-mimpi itu. Kamu juga akan memikirkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan kamu dan pastikan menulis secara spesifik ya. Salah satu contohnya kamu bisa menulis tempat-tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi dan menjadi wishlist kamu. Pencapaian apa saja yang kamu ingin lakukan di tahun ini atau Financial goals apa yang ingin kamu capai. Dengan menulis jurnal kita akan semakin semangat untuk melakukan satu persatu wishlist kita. Memiliki wishlist akan membuat kita jadi semangat setiap harinya untuk bekerja keras. Semangat ya buat teman-teman yang sedang mencoba menggapai mimpi-mimpi kalian dalam hidup.

Itulah 5 Manfaat Journaling Demi Menjaga Mental, semoga dengan memulai jurnaling kamu dapat menjaga mental kamu tetap sehat. Menulis jurnal setiap harinya akan memberikan manfaat dalam hidup kamu, saya sendiri pun sudah merasakannya sendiri jadi saya sangat rekomendasikkannya ke kalian untuk mencoba journaling.

Related Posts

2 thoughts on “5 Manfaat Journaling Demi Menjaga Mental

  1. Halo Mba… menulis jurnal memang sangat penting buat aku jg.. tau perkembangan diri kita sejauh mana di usia yang sekarang dan mengurangi stress juga. Let’s keep on journaling!

    1. yess bener banget buat track hidup kita udah mencapai apa saja. Kalo lagi strss aku juga suka banget journaling langsung reda stressnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.