Review Series Netflix Girl Boss | Wanita Bisa Memulai Bisnisnya Sendiri Kok

Assalamualaikum teman-teman kali ini pilihan saya dalam memilih film atau drama yang ingin saya tonton sedikit berbeda. Saya lebih antusias menonton film atau drama yang terdapat unsur bisnis, mimpi dan travelling. Entahlah saya tidak memiliki gairah untuk menonton film romantis. Mungkin memang di masa-masa seperti sekarang ini rasanya saya benar-benar membutuhkan suntikan semangat dan juga pengingat tentang mimpi-mimpi saya dan tidak menyerah untuk mewujudkannya.
 
Akhirnya saya pun menemukan series yang sangat relate dengan saya yatu serial Girl Boss di Netflix. Serial ini diangkat dari buku Best seller berjudul sama karya Sophia Amoruso. Saya juga sudah membaca bukunya di Ipusnas dan setelah saya tau Netflix membuat series berdasarkan buku ini. Maka, saya pun memutuskan untuk langsung menontonnya. 
Girl Boss merupakan serial Netflix yang diluncurkan pada tahun 2017. Serial ini berisi kisah hidup tokoh wanita Sophia (Britt Robertson) dalam membangun bisnis onlinenya sendiri dan belajar untuk menjadi seorang bos. Suatu perjuangan yang tidak mudah untuk memutuskan suatu hal yang besar di umurnya yang baru menginjak 20an.
Girl Boss (Sumber: Fox)
 
Selagi membangun perusahaan fashion onlinenya sendiri yaitu Nasty Gal. Ia juga bekerja di sebuah Academy of Art University di San Fransisco. Selama bekerja di sana Sophia tidak ada henti-hentinya memikirkan bisnis yang ia jalani. Ia masih bimbang dengan pilihan yang ingin diambil antara membangun bisnisnya sendiri atau pekerjaannya saat ini.
 
Namun dengan semangatnya yang tinggi untuk mengembangkan bisnis. Akhirnya Sophia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya saat ini dan fokus mengembangkan Nasty Gal. Sophia memiliki ketangguhan dalam melakukan sesuatu dan hal itu membuat perlahan demi perlahan Nasty Gal dapat dikenal oleh beberapa konsumen di E-Bay. Sebagai toko online yang menjual pakaian-pakaian Vintage dengan inovasi terbaru dan modern.
 
“Aku tidak akan membiarkan jiwaku mati dengan pekerjaan yang membosankan ini.”
“Aku harus berhenti dari sini mengikuti gairahku dan jangan lihat ke belakang.”
 
Perjalanan Sophia untuk menggapai mimpinya tentu tidaklah mudah. Satu per satu masalah hadir menghampiri. Masalah percintaanya dengan Shane (Johnny Simmons) yang merupakan seorang drummer. Pertengkaran dengan sahabatnya yaitu Annie (Ellie Reed) dan yang paling fatal adalah masalah dengan penjual-penjual E-Bay lainnya. Sehingga membuat dirinya tidak bisa berjualan lagi di sana.
Girl Boss (Sumber: Whats-on-Netflix.com)
Lantas apakah Sophia menyerah? Tentu tidak semudah itu ferguso. Kalian akan melihat seorang gadis yang terbakar semangat untuk meraih mimpinya dan mendirikan perusahaan sendiri. Masalah yang menghampirinya tidak bisa menghentikan langkahnya untuk mengejar mimpi. Di sini banyak sekali pelajaran yang bisa kita dapatkan terutama apabila kita juga ingin menjadi seorang pebisnis seperti Sophia.
 
Banyak hal menarik lainnya yang bisa kalian temukan dalam serial ini dan tentunya pelajaran-pelajaran berharga tentang membangun sebuah bisnis. Sophia membuktikan hal itu dan mengajarkan kepada kita semua bahwa siapapun bisa membangun bisnisnya sendiri dan menetukan nasib kita sendiri. Very Recomended buat kalian yang sedang down dan ingin membakar semangat kalian lagi untuk membangun bisnis.
 
Setiap tokohnya dapat menampilkan dengan baik peran mereka. Terutama Sophia yang memang kalau saya bilang sangat baddas sekali haha. Tipikal cewek strong yang tidak mudah menyerah dengan mimpi dan tujuannya. Britt Robertson dapat memerankan dengan baik karakter Sophia. Aktingnya sangatlah bagus dan jujur saya sangat mencintai karakternya dalam serial ini. Sebuah tokoh perempuan yang ingin saya liat dalam setiap serial drama maupun film karena menginspirasi banyak perempuan di luar sana untuk berani bermimpi dan menentukan nasibnya sendiri.
Girl Boss (Sumber: Pinterest)
Beberapa pelajaran ytang bisa saya ambil dalam serial Girl Boss ini adalah penting untuk para pebisnis pemula yang ingin membangun sebuah brand sendiri. Diantaranya adalah:
 
1. Dekat dengan Customer
Girl Boss (Sumber: Slate.com)
Sophia tidak jarang membalas semua pesan-pesan dalam akun Ebay-nya dan bahkan mengantarkan sendiri pakaian customer ke rumah mereka, mengganti pakaian itu apabila ada cacat dan selalu mengutamakan customer. Hal ini merupakan poin penting bagi kita para pelaku bisnis online agar selalu dekat customer dan perlakukan mereka seperti keluarga. Dengarkan keluhan mereka dan cobalah untuk memberikan yang terbaik.
 
“Kalian tidak bisa tentukan apa yang konsumen inginkan, konsumen sendiri yang menentukannya.”
2. Pantang Menyerah 
Girl Boss (Sumber: Netflix)
Selanjutnya hal yang penting banget dan harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah pantang menyerah. Meskipun saat ini kita belum sukses atau bisnis kita stuck dan sebagainya. Tetapi kita tidak boleh cepat menyerah dan nggak mau berusaha lagi. Bahkan pebisnis yang sudah sukses sekalipun pasti pernah mengalami yang namanya gagal atau down. Jadi apapun yang terjadi jangan pernah terpikir dalam benak kita untuk menyerah. Sedih boleh, tetapi jangan sampai menyerah. Kalau memang jalan menjadi pengusaha ini merupakan mimpi kamu dari awal. Maka, tunjukkanlah kamu bisa menggapainya. 
 
Kita bisa belajar dari kisah Sophia yang bahkan dengan dibencinya dia oleh penjual lain di E-bay, kehilangan customer dan lain sebagainya. Sophia tentu pernah sedih, marah, kesal dan merasa dirinya tidak berguna. Namun Ia cepat bangkit dan kembali menata Nasty Gal dengan ide-ide baru dan inovasi baru yang membedakan Nasty Gal dengan toko lain.
 
“Tidak peduli berapa banyak gaun yang tidak terjual. Aku tidak akan menyerah.”
“Kau seorang wanita yang memulai bisnis dari nol. kau membuat kesan pada dunia yang tidak ada sebelumya. Kalau kau keluar sekarang. Kau hanya seorang gadis dengan seikat baju lama.”
3. Temukan Arti Bahagiamu Sendiri
Girl Boss (Sumber: Vanityfair.com)
Hal ini menurut saya juga merupakan pelajaran penting yang bida didapatkan setelah menonton serial ini. Terkadang saya juga sama tersiksanya dengan Sophia ketika melakukan sesuatu yang tidak membuat saya bahagia. Pikiran saya selalu saja terbagi ke arah bisnis karena memang saya sangat menyukainya. Awalnya mungkin kita akan bimbang seperti Sophia yang bekerja di bidang yang sama sekali tidak Ia sukai. Namun pada akhirnya Sophia kembali menemukan kebahagiannya yaitu tokonya sendiri Nasty Gal.
 
Sama seperti teman-teman, mungkin disini ada dari kalian yang tengah bimbang dalam mencari kebahagian. Coba kalian tanyakan ke diri kalian sendiri. Apakah kalian menyukai apa yang kalian kerjakan? Apa kalian senang dengan yang kalian kerjakan? Jika memang jawabannya Ia maka tetaplah di sana. Namun jika tersiksa setiap harinya mungkin kalian harus berlari mengejar bahagia kalian sendiri. Keputusan sulit? Tentu saja, tetapi apa salahnya mencoba untuk mengejar mimpi kita bukan? 
“Dalam hidup, satu-satunya yang bisa membuatmu bahagia adalah dirimu sendiri. Tapi kau tidak bisa melakukan hal lain. Toko ini, tempat ini, semua ide ini adalah kamu. Ini Mimpimu.”
Sebenarnya banyak sekali pelajaran yang bisa kalian dapatkan bila menonton serial ini. Saya jujur sangat senang bisa menemukan serial ini disaat saya tengah bimbang dengan mimpi saya. Menjadi pengusaha adalah satu-satunya mimpi yang ingin saya kejar. Setiap harinya saya selalu saja membuat satu langkah kecil menuju ke sana dan berharap suatu saat toko saya akan menjadi besar dan berkembang. 
 
Serial ini membuka pikiran saya tentang bisnis itu sendiri. Siapapun bisa sukses asal ada kemauan dan juga tekad yang kuat. Tidak pernah menyerah meskipun diterpa banyak masalah. Sophia membuktikan ke saya lewat kisahnya yang sukses membangun bisnisnya dari nol dan bisa membuktikan kepada orangtuanya bahwa Ia bisa mandiri. Sampai sekarang website onlinenya juga masih eksis. NastyGal.com
 
Semoga review saya ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Dan untuk temen-temen yang tengah berjuang dengan mimpi-mimpi kalian. Yuk! Semangat lagi mengejar mimpimu. Jangan Menyerah yaa 🙂
 
 
XOXO

Related Posts

3 thoughts on “Review Series Netflix Girl Boss | Wanita Bisa Memulai Bisnisnya Sendiri Kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *