Tips Menghapal Al-Qur’an Ala Wirda Mansur

Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar teman-teman? Semoga baik-baik saja yaa kalian. Hari ini aku ingin membahas beberapa tips Wirda Mansur dalam menghapal Al-Qur’an. Seperti yang kita ketahui, Wirda merupakan seorang Hafidzah. Dan dalam beberapa kesempatan Ia seringkali  menceritakan bagaimana cara dirinya dalam menghapal Al-Qur’an.

Nah pada bulan Ramadhan kemarin, Wirda sempat melakukan live instagram. Saya pun juga berusaha untuk menonton setiap livenya karena saya suka dengan penyampaian Wirda yang lucu dan tidak terkesan membosankan. Jadi, meskipun waktu livenya sampai 1 jam lebih saya sama sekali tidak bosan mendengar celotehan Wirda.

Pembahasan live Wirda kali adalah tentang Al-Qur’an. Saya sangat antusias sehingga mencatat semua tips dan trick yang Wirda paparkan mengenai cara menghapal Al-Qur’an. Hal ini karena salah satu impian saya dalam hidup adalah dapat menghapal Al-Qur’an serta mengamalkannya. Semoga suatu saat terwujud yaa Amiin.

Berikut ini adalah beberapa tips dari Wirda dalam perjalanannya menghapal Al-Qur’an.

1. Menghapal Al-Qur’an dengan Kemampuan Masing-masing

 

Sumber Google

Jika kita ingin menghapal Al-Qur’an, hal pertama yang Wirda sampaikan adalah cobalah untuk menghapal Al-Qur’an dengan kemampuan kita masing-masing. Cari teknik menghapal Al-Qur’an yang sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya nih, jika kita mampu menghapal Qur’an sehari satu ayat maka lakukanlah dengan konsisten. Jangan iri dengan kemampuan orang lain yang mungkin bisa menghapal lebih banyak ayat daripada kita.

“Loh kok si A bisa ya langsung hapal Qur’an padahal coba mendengar murottal saja? Loh kok si B sehari langsung hapal sepuluh ayat sih?” Jangan iri apalagi dengki kepada mereka karena memang pada dasarnya, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jangan sampai karena kita iri dengan si A/B yang hapalannya lebih cepat dari kita, jadinya kita malas-malasan dan tidak mau menghapal lagi. “kok aku nggak bisa seperti mereka ya? Ujung-ujungnya mengurungkan niat menghapal Al-Qur’an deh!

Carilah teknik dan cara menghapal Al-Qur’an yang memang sesuai dengan kemampuan kalian. Coba lakukan hal itu secara konsisten. Karena saya percaya sesuatu yang dilakukan secara konsisten pasti akan membuahkan hasil nantinya. Seperti peribahasa “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Jangan iri apalagi dengki dengan kesuksesan orang lain dan buatlah kesuksesanmu sendiri yaa.

2. Hilangkan Kata-kata Negatif 

Sumber: Google

Ketika mencoba mulai menghapal Al-Qur’an, tak jarang banyak orang yang sudah negative duluan. “Kira-kira bisa nggak ya menghapal semuanya?” Yups termasuk saya pribadi kadang suka negative thinking duluan ke diri saya. Apakah saya mampu melakukannya? Bisa konsisten nggak ya? Ternyata sikap dan pikiran yang seperti itu sama sekali tidak baik loh! Malah akan mempersulit kita untuk menghapal Qur’an.

Yakinlah bahwa Al-Qur’an itu mudah sekali untuk di hapal. Jika kita menganggap menghapal Al-Qur’an itu susah ya maka akan susah. Tetapi kebalikannya, jika kita menganggap menghapal Al-Qur’an itu adalah perkara yang mudah, maka yakinlah perjalanan kita untuk menghapalnya akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Jadi, mulai sekarang stop yuk untuk berpikiran negative dan bilang nggak bisa terus-menerus. Hal ini juga berlaku untuk saya pribadi sih hehe. Mulai sekarang pokoknya yakin saja dulu kalau menghapal Al-Qur’an itu mudah. Insyaallah jalannya pasti akan dimudahkan oleh Allah SWT.

3. Memiliki Motivasi  dalam Menghapal Al-Qur’an.

 

Sumber: Nur.or.id

Dalam menghapal Al-Qur’an motivasi sangatlah penting. Tanpa motivasi, perjalanan kita untuk menghapal Al-Qur’an mungkin saja akan mengalami kendala. Setiap kita merasa malas untuk menghapal Al-Qur’an, motivasi inilah yang akan menuntun kita kembali bersemangat dalam menghapal Al-Qur’an. jadi, coba tentukan motivasi kalian dalam menghapal Al-Qur’an itu apa?

Kalau saya pribadi, motivasi saya dalam menghapal Al-Qur’an adalah karena saya ingin menghadiahkan mahkota cahaya kepada kedua orang tua saya. Mungkin saya memang tidak bisa memberikan apa-apa untuk mereka di dunia ini. Maka yang bisa saya lakukan utuk membahagiakan mereka di akhirat adalah dengan menghadiahkan mereka Mahkota. Seperti yang dijelaskan oleh Burairah ra, Nabi bersabda,

Siapa yang menghafal Al-Qur’an, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tua akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orangtuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Qur’an.” (HR. Hakim) 

Hal itulah yang memotifasi saya untuk terus mencoba menghapal Al-Qur’an serta mengamalkannya. Meskipun banyak ujian dan cobaan dalam prosesnya tetapi saya memiliki motivasi yang kuat untuk terus menghapal Al-Qur’an. Jadi, tentu saja saya tidak akan menyerah sampai berada di tujuan saya. Semoga teman-teman juga semangat yaa dalam menghapal Al-Qur’an meskipun banyak cobaan.

Itu dia beberapa tips yang bisa saya rangkum dan dapatkan dari live Wirda Mansur. Tidak banyak memang, mungkin saya terlalu asik mendengarkan Wirda sampai lupa mencatat haha. Hal ini karena memang kalau melihat live Wirda pasti ada saja yang bikin ketawa.

Semoga apa yang saya sampaiakan bermanfaat utnuk teman-teman yang juga lagi berjuang dalam menghapalkan Al-Qur’an. Satu kata yang mejadi motto dalam hidup saya yaitu Man Jadda Wa Jadda ( Siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil)

 

-XOXO

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *