5 Hal Penting yang Harus Dimiliki Saat Belajar Bahasa Asing

5 Hal Penting yang Harus Dimiliki Saat Belajar Bahasa Asing

Bahasa asing bisa dibilang sangat penting saat ini. Dengan bisa berbahasa asing kita memiliki peluang untuk melakukan banyak hal. Bekerja, sekolah dan bahkan jalan-jalan keluar negeri. Minimal ada beberapa bahasa asing yang kita kuasai selain bahasa Indonesia sudah cukup bagus. Jika teman-teman ingin mempelajari bahasa asing berikut ini saya sudah merangkum 5 hal penting yang harus dimiliki saat belajar bahasa asing. Yuk Simak!

 

1. Disiplin

 

5 Hal Penting yang Harus Dimiliki Saat Belajar Bahasa Asing
Sumber: Pixabay

Mempelajari bahasa asing itu tidak ada yang instan dan harus dilakukan dengan konsisten. Untuk itu, sangat penting untuk kamu berani keluar dari zona nyaman. Kalau memang mempelajari bahasa asing adalah salah satu mimpi kamu maka, jangan pernah bosan, capek dan merasa diri kamu rendah. Jangan pernah berpikir kalau kamu tidak akan pernah bisa.

Apapun yang terjadi kamu harus terus menepati jadwal belajar kamu dengan disiplin. Tentunya tidak ada orang sukses yang hanya bersantai-santai setiap harinya bukan? Semua orang sukses pasti setiap hari akan konsisten melakukan sedikit demi sedikit untuk bisa sampai ke tujuannya. Walaupun kamu hanya belajar beberapa menit saja, tapi kalo konsisten setiap hari itu sudah cukup bagus lho!

Baca Juga: Cara Mengenali dan Mengenal Potensi Diri 

2. Memiliki Motivasi diri

Sumber: Pixabay

Setelah disiplin dalam belajar, maka kamu juga harus mempunyai motivasi diri yang kuat untuk belajar bahasa asing. Apa yang membuat kamu ingin belajar bahasa tersebut? Untuk bekerja kah? Pergi keluar negeri kah? Mendapat pasangan atau kamu memang berniat untuk menetap di luar negeri sama seperti saya? Haha

Nah, jika memang kamu sudah memiliki motivasi yang kuat untuk belajar bahasa tersebut, saya rasa lelah dan bosan tidak akan menjadi penghalang. Hal ini karena motivasi kita lebih kuat untuk mencapai itu semua. Pastinya dengan fasih bahasa tersebut kita akan menggapai semua harapan serta tujuan kita dalam hidup. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini apabila kita konsisten terus melakukannya.

3. Pantang Menyerah

Sumber: Pixabay

Jangan pernah terbesit kata menyerah jika kamu sudah memutuskan bahwa mempelajari bahasa asing adalah salah satu goals kamu. Kalau kamu lelah dan bosan boleh kok istirahat dulu,  jangan terlalu memaksakan. Istirahat boleh tapi  jangan sampai kamu menyerah. Ingatlah bahwa yang menuai keberhasilan dan kesenangan saat kamu bisa berbahsa asing adalah diri kamu sendiri. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak oppurtunity misalnya bekerja di luar negeri, liburan jadi lebih mudah dan komunikasi menjadi lancar dengan orang asing. Jadi, apapun yang terjadi keep fighting yaa!

4. Mencari teman

Dalam mempelajari bahasa asing skill komunikasi juga sangat diperlukan. Untuk itu, mencari teman dalam belajar bahasa asing merupakan hal yang penting. Dengan belajar bersama teman kamu bisa melatih skill komunikasi kamu dan bahkan apabila, teman kamu adalah penutur lokal bahasa asing yang sedang kamu pelajari tentu akan semakin baik. Kamu dapat mengetahui mana pelafalan yang salah sehingga kedepannya kamu dapat memperbaikinya.

Nah, jika kamu sedang mempelajari bahasa inggris, saya punya rekomendasi aplikasi yang bagus untuk kamu. Nama aplikasinya adalah Fondi, aplikasi ini sangat membantu kamu untuk belajar berbicara dengan orang-orang di seluruh dunia yang juga sedang mempelajari bahasa inggris. Aplikasi ini juga nggak perlu menunjukkan muka lho karena kamu akan tampil dengan avatar yang bisa kamu custom sesuai keinginan. Setelah saya mencoba menggunakan aplikasi ini, menurut saya aplikasi ini sangatlah bagus untuk digunakan. Saya menjadi lebih pede untuk melatih speaking bahasa inggris saya di sini karena toh mereka juga tidak mengenal saya.

 

Sumber: Fondi

5. Menggunakanya sehari-hari

Sumber: Pixabay

Kalian pernah dengar kata “Bisa karena terbiasa” kan? Nah bener banget sama seperti menguasai bahasa asing kita harus bisa karena terbiasa. Cobalah untuk menggunakan bahasa asing yang sedang kamu pelajari itu setiap hari. Seperti ketika melihat benda-benda di rumah dan sebutkan nama benda itu dalam bahasa asing atau kamu juga bisa bikin vlog ala-ala dan menggunakan bahasa yang sedang kamu pelajari tersebut.

Bagi saya pribadi cara di atas sangat berpengaruh karena saya mencoba menanamkan kedalam diri saya bahwa saya bisa bahasa tersebut. Kalau kamu kurang suka ngevlog, kamu juga bisa berdialog sendiri di depan cermin dan seolah-olah kamu sedang berpidato. Dengan melakukan hal ini setiap hari tentunya akan sangat berguna untuk melatih speaking dan kosa kata kamu.

Itu dia teman-teman 5 hal penting yang harus dimiliki saat belajar bahasa asing. Percayalah mempelajari bahasa asing akan sangat berguna untuk hidup kamu, siapatau kesempatan bisa kamu dapatkan apabila kamu bisa berbahasa asing. Semangat ya buat kamu yang sedang belajar bahasa asing.

 

– XOXO

Related Posts

15 thoughts on “5 Hal Penting yang Harus Dimiliki Saat Belajar Bahasa Asing

  1. Pantang menyerah dan kudu rutin sih kalo akunya. kalau bisa juga mencari penutur bahasa aslinya juga biar lebih bagus lagi pronounnya. Emang penting banget bisa belajar banyak bahasa dijaman modern seperti ini

  2. okelah bisa di coba ini aplikasi untuk bisa belajar dan bekerja dari mana saja kapan saja

  3. Memang benar 5 hal ini menjadi 5 prinsip dasar untuk belajar, salah satunya belajar bahasa asing. Tanpa 5 hal tersebut sepertinya tidak mudah, apalagi yang terakhir, ala bisa karena biasa. Mesti sering-sering dipraktekkan karena saat ini sdh zaman go internasional semua WNA bebas masuk ke Indonesia dan sebaliknya.

  4. Fondi ya namanya. Noted. Hehe….aku termasuk yang nggak pedean, makanya nggak jago-jago bahasa Inggris. Kalo bisa ngobrol tanpa terlihat muka sepertinya bisa lebih pede.

  5. Sering banget dengar kak, dan jadi pedoman sih buat terus melangkah
    Kalau gak terbiasa karena tidak membiasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *