Review Film MARS (Mimpi Ananda Meraih Semesta) sumber: Wikipedia

Review Film MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta) | Kisah Perjuangan Seorang Ibu

Assalamualaikum wr.wb teman-teman. Pada kesempatan kali ini saya akan mereview kembali film Indonesia berjudul MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta). Saya juga heran kenapa akhir-akhir ini saya suka nonton film-film Indonesia ya? Saya pun akhirnya menyadari kalau ternyata banyak juga film Indonesia bagus yang belum saya tonton.

Sinopsis Film MARS | Kisah Perjuangan Seorang Ibu

Film MARS ini bercerita tentang seorang wanita bernama Tupon (Kinaryosih) yang tinggal di kaki gunung kidul. Tupon tinggal bersama dengan anaknya yang cantik bernama Sekar Palupi dan suaminya. Namun sayangnya tak lama suaminya meninggal karena kecelakaan di tempat kerja. Akhirnya Tupon berusaha keras sendirian agar Sekar mengenyam pendidikan yang tinggi. Ia berharap Sekar tidak bernasib sama seperti dirinya kelak yaitu menjadi buta huruf dan tidak dapat memiliki pendidikan yang tinggi.

Berbagai perjuangan di lalui oleh Tupon untuk bisa membuat Sekar mau bersekolah karena desa yang mereka tinggali masih menjunjung kebudaayan. Banyak anak-anak yang memilih untuk mengembala sapi daripada sekolah. Selain itu, remaja yang sudah cukup umur juga disuruh untuk cepat-cepat menikah.

Review Film MARS (Mimpi Ananda Meraih Semesta) sumber: Youtube
Sumber: Youtube

Sama seperti anak-anak yang lain Sekar juga sempat tidak ingin sekolah dan lebih memilih bermain bersama dengan teman-temannya. Namun, Tupon terus berusaha dengan keras apapun yang terjadi agar Sekar dapat bersekolah. Salah satu caranya adalah dengan menceritakan tentang lintang lantip kepada Sekar.

Lintang lantip menurut kepercayaan yang ada adalah bintang yang cerdas atau disebut juga dengan planet MARS. Tupon mengatakan bahwa jika Sekar dapat ke MARS dengan ilmu pengetahuan karena semua bisa kita raih dengan ilmu pengetahuan. Mendengar hal tersebut Sekar pun memiliki tekad untuk tetap sekolah dan belajar dengan rajin hingga dirinya berhasil mendapatkan gelar master di Oxford University pada bidang astronomi.

 

Baca Juga: Review Film Mencuri Raden Saleh

REVIEW FILM MARS | Kisah Perjuangan Seorang Ibu

Film MARS ini menurut saya sangat menginspirasi khususnya bagi anak muda untuk meraih mimpi. Menonton film ini saya benar-benar sadar bagaimana perjuangan orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya. Saya melihat begitu banyak ujian dan cobaan yang hadir pada hidup Tupon, tapi ia memilih untuk terus memperjuangan satu hal yaitu pendidikan Sekar.

Meskipun memiliki dana yang terbatas dan hanya menjadi penjual keliling, Tupon terus berusaha memberikan yang terbaik untuk Sekar. Hal ini sangat mengiris hati saya karena saya mengakui bahwa saya juga bukanlah anak yang berbakti karena belum membahagiakan orang tua saya. Sementara mereka berjuang mati-matian untuk menguliahkan saya. Oleh karena itu, saat menonton film ini saya tidak henti-hentinya meneteskan air mata mengingat orang tua saya.

Melalui film ini jugalah saya menjadi bermimpi untuk lanjut kuliah di luar negeri sama seperti Sekar. Saya sangat beruntung menemukan film ini ketika pandangan saya tentang mimpi masih abu-abu. Film ini benar-benar membuat saya ingin berbakti kepada orang tua saya. Beruntungnya Sekar memiliki seorang ibu hebat yang sabar,lembut dan penyayang serta mendukung mimpi-mimpinya seperti Tupon. Semoga kelak saya bisa menjadi sosok ibu yang seperti itu untuk anak saya.

Film ini juga mengajarkan tentang betapa pentingnya ilmu bagi hidup kita. Dengan ilmu kita bisa meraih hal-hal yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Dalam Islam, Allah juga sangat memuliakan orang-orang yang berilmu dan membagikannya.

“Karunia Allah yang paling lengkap adalah menjalani kehidupan berdasarkan ilmu.”- Ali bin Abi Thalib 

MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta) menurut saya adalah film bagus yang sayang sekali bila dilewatkan karena banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Film ini sangat cocok ditonton oleh anak-anak yang mungkin masih kurang perhatiannya terhadap pendidikan. Berharap setelah menonton film ini mereka menjadi bersemangat untuk menggapai mimpi-mimpinya.

Film MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta) sudah tersedia di beberapa platform streaming seperti VIU dan Netflix. Jadi buat teman-teman yang ingin menonton film ini siapkan tisu yaa karena akan mengharukan. Semoga review saya kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Terimakasih sudah membaca sampai akhir 🙂

-XOXO

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.