Sumber: Sinarmasland.com

Konsep Livable City Oleh Sinermas Terus Dikembangkan

Sinar Mas Land merupakan salah satu pengembang properti terbesar dengan berbagai proyek di Indonesia. Perusahaan ini sangat terkenal karena sudah berpengelaman dalam pengembangan properti selama lebih dari 40 tahun.

Berbagai macam proyek Sinarmas telah dijalankan untuk dapat memberikan pembangunan yang terbaik bagi Indonesia. Pembangunan yang dilakukan oleh SinarMas mengusung konsep modern. Salah satu proyek Sinarmas yang sedang dijalankan yaitu Upper West telah menunjukkan progress yang signifikan. Upper West adalah mixed-use development pertama yang ada di BSD City.

Proyek premium yang dimiliki sinarmas ini menawarkan berbagai lokasi dan pertumbuhan yang tinggi. Tagline mereka yaitu Live-Play-Earn Money memberikan dampak baru pada perkembangan proyek yang saat ini tengah dijalani. Upper West adalah sebuah tempat yang para penghuni dapat melakukan pekerjaan, tempat tinggal dan bisa menikmati hiburan dengan fasilitas yang lengkap.

Menariknya, Upper West ini akan mengembangkan lifestyle ground SOHO, apartemen dan loft living. Semua fasilitas yang tersedia di sini akan memberikan kemudahan untuk berwirausaha sehingga akan terjadi interaksi antar penghuni.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di sini juga lengkap yaitu Creator Room untuk para pembuat konten, Communical Kitchen & Experimental Reso bagi penggiat kuliner. Experience lounge untuk meeting dan fasilitas lainnya seperti Collaborative Space, Day Care Center, Nature and Retreat Terrace, Games Room, Berbeque Pavilion, Wellness and Yoga Terrace, Fitness Center, Infinity pool, Refreshment room dan juga sky pods.

Kerennya lagi salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah melalui program Microsoft for Startups Founders Hub yaitu dengan membeli Upper West penghuni akan berkesempatan mendapatkan modal usaha sebesar Rp. 4,5 miliar dan Venture Capital.

Upper West yang berada di Central BSD City akan memudahkan penghuni untuk mengakses beberapa ruas tol seperti Tol Serpong- Balaraja Seksi 1A, Tol Jakarta-Merak (Tol Kebun Jeruk) dan Tol Jakarta Serpong, Tol Bandara Soekarno-Hatta hingga Tol Jagorawi.

Selain dekat dengan akses jalan, tempat ini juga dekat dengan akses tol, tempat ini juga dekat dengan pusat hiburan seperti AEON, Mall, The Breeze, QBig, ICE, Grandlucky Supperstore yang segera hadir. Hunian ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendidikan muali dari TK hingga perguruan tinggi dan fasilitas kesehatan yaitu Eka Hospital.

Dengan adanya salah satu proyek yang sedang berjalan di atas, terbukti bahwa Sinar Mas Land sedang kembangkan konsep Livable City. Apa itu konsep Livable City?

Livable city adalah dimana masyarakat dapat hidup dengan nyaman dan tentram di dalam suatu kota. Untuk dapat mewujudkan konsep livable city harus didukung dengan sustainable city agar perencanaan kota dapat terlaksana dengan baik.

Livable city juga dapat diartikan bahwa kota yang layak huni dan nyaman untuk beraktifitas. Baik dari segi fisik (fasilitas perkotaan, prasarana, tata ruang dan sebagainya. Maupun dari aspek non fisik seperti sosial dan aktivitas ekonomi.

Prinsip Dasar Livable City

Demi mewujudkan kota yang layak huni, terdapat beberapa prinsip yang harus dimiliki. Berikut ini adalah prisip-prinsip dasar livable city:

Menurut Lennard (1997) prinsip dasar livable city adalah sebagai berikut:

  1. Tersedia berbagai kebutuhan dasar masyarakat perkotaan seperti air bersih dan listrik.
  2. Tersedia berbagai fasilitas umum dan juga fasilitas sosial seperti transportasi publik, taman kota dan fasilitas ibadah.
  3. Tersedia ruang dan tempat publik untuk berosialisasi dan berinteraksi
  4. Terdapat keamanan dan bebas dari rasa takut
  5. Mendukung fungsi ekonomi, sosial dan budaya
  6. Memiliki keindahan lingkungan fisik

Konsep livable city harus mengacu pada bagaimana kota yang dibangun dapat memberikan kenyaman bagi para penghuninya seperti proyek-proyek yang sedang dijalankan oleh Sinar Mas Land.

Livable City juga termasuk ke dalam Live, Learn, Work dan Play. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kosep ini berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

  • Live mengacu pada sarana dan juga prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat. Contohnya seperti hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan dan keamanan.
  • Learn adalah sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat seperti sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga universitas nasional dan internasional.
  • Work adalah sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan juga lapangan kerja. Contohnya seperti pusat perkantoran, green office, kota industry dan area komersial.
  • Play adalah sarana dan prasarana yang mengacu pada kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat seperti pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls hingga pusat kuliner.

Sinarmas Land terus berusaha kembangankan konsep livable city agar dapat bermanfaat untuk masyarakat. Melalui proyek-proyek yang sedang berjalan Sinar Mas Land telah membuktikan pengembangan konsep livable city itu.

Daftar Pusataka

Salzano, E. 1997. “Seven Aims for the liveable city” in Lennard, S. H, S vonUngern Stenberg, H.L. Lennard, eds, Making cities Liveable, International Making Cities Liveable Conferences. California. USA: Gondolier Press

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *