Alfira Oktaviani: Mengenalkan Ecoprint Fashion Lokal Hingga Internasional

Alfira Oktaviani: Mengenalkan Ecoprint Fashion Lokal Hingga Internasional

Alfira Oktaviani yang telah mengenalkan ecoprint fashion lokal hingga internasional adalah salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia award 2023. SATU Indonesia Award adalah salah satu wujud apresiasi astra baik bagi individu maupun sebuah kelompok. Penerima apresiasi ini adalah seorang pelopor yang melakukan perubahan bagi masyarakat baik bagi bidang kesehatan, pendidikan, keirausahaan, teknologi, lingkungan sekitar dan kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

Salah satu pemenang penerima apresiasi SATU Indonesia Award 2023 adalah Alfira Oktaviani dari Yogyakarta.- Bengkulu. Wanita ini merupakan salah satu wanita hebat yang merupakan pemberdaya fashion lokal yang Go Internasional.

Semilir ecoprint adalah salah satu brand eco fashion yang telah dibuat oleh Alfira Oktaviani untuk mengenalkan budaya fashion yang ramah lingkungan di Indonesia dengan teknik ecoprint. Sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang sederhana tetapi dapat menghasilkan motif yang unik dan juga otentik.

Teknik cetak yang digunakan sangat alami karena terbuat dari tumbuhan, daun dan bahan alami lainnya untuk menciptakan warna. Hal inilah yang membuat teknik ecoprint menjadi solusi untuk mengurangi pewarna sintesis dalam memproduksi kain.

Memiliki rasa cinta yang sangat besar terhadap dunia fashion membuat Alfira mempelajari teknik ecoprint yang masuk ke Indonesia pada tahun 2016. Hebatnya Alfira hanya bermodalkan nekat dan modal Rp. 500.000 untuk memulai bisnis ini. Disinilah saya meihat bahwa modal dalam berbisnis itu tidak perlu banyak yang terpenting adalah keterampilan, kemauan dan rasa juang yang tinggi dalam berbisnis.

Berbekal saat dirinya kuliah apoteker pada mata kuliah manajemen bisnis, morfologi tumbuhan hingga teknik kimia benar-benar berguna untuk mengembangkan bisnis dan brandnya sendiri yaitu semilir ecoprint. Bisnis yang dimulai dengan ilmu yang dimiliki ternyata memberikan hasil.

Semilir sendiri memproduksi tas wanita, tetapi karena permintaan pasar semakin besar, maka brand ini juga memproduksi kain ecoprint, baju dan homedecor dengan tema ecoprint. Targetnya adalah wanita perkotaan di usia 25 tahun yang memiliki green natural life style dan suka menggunakan produk lokal.

Produk-produk yang dikeluarkan oleh semilir memadukan warisan budaya Indonesia. Inovasi pada produk ecoprint terdapat pada media kulit kayu lantung. Hasil motifnya juga tegas dan memiliki warna yang khas. Tak heran mengapa produk-produk semilir ecoprint bisa Go Internasional karena memang unik dan berkualitas.

Saya kagum dengan orang-orang seperti mba Alfira ini, tak hanya berbisnis untuk dirinya sendiri tetapi juga membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional. Benar-benar berbisnis yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Namun, sayangnya di Indonesia yang memilih untuk mendalami ecoprint ini masih amat sedikit. Padahal bisnis ecoprint rendah persaingan dan permintaannya juga selalu meningkat. Maka, menurut saya perlu adanya edukasi ke masyarakat mengenai teknik ecoprint ini.

Saya melihat bahwa barang=barang yang dihasilkan oleh ecoprint sangatlah cantik dan unik. Tak heran mengapa pasar luar negeri melirik barang-barang milik semilir ecoprint. Koleksi miliki semilir ecoprint sendiri bisa kamu lihat di instagram mereka yaitu @semilir_ecoprint

“Ecoprint mengajarkan kita bahwa Tuhan sangat memperhatikan detail setiap makhluknya termasuk tanaman yang indah saat tercetak di media kain yang sering kita sebut “ecoprint”. (sumber: https://semilirecoprint.business.site/)

Saya merasa semilir ecoprint membuat kita menyadari bahwa setiap ciptaan Tuhan itu selalu memiliki makna dan memiliki keindahannya sendiri. Siapa yang sangka kalau pohon yang kita jumpai sehari-hari dapat menghasilkan pakaian yang bernilai seni tinggi? Benar-benar keren!

Baca Juga: Review Series Netflix Girl Boss | Wanita Bisa Memulai Bisnisnya Sendiri Kok

Memberdayakan Ibu Rumah Tangga

Alfira melalui usaha semilir ecoprint ini ingin memberdayakan ibu rumah tangga. Ia ingin memberdayakan kelompok ibu-ibu sehingga mereka memiliki penghasilan untuk membantu keluarga.

Semilir ecoprint juga mempertimbangkan dengan baik dampak yang dihasilkan kepada lingkungan serta sosial dan ekonomi. Banyak para pengrajin semilir yang mengaku terbantu perekonomian mereka berkat hadirnya bisnis ini.

Menariknya lagi, Alfira juga mengubah kayu bengkulu sebagai bahan utama dalam ecoprint. Proses ecoprint yang dilakukan oleh Semilir ecoprint memberikan hasil yang unik dan cantik. Pemanfaatan kulit kayu lantung yang dilakukan oleh Alfira ini tidak hanya mengurangi limbah industri tetapi memberikan nilai tambah pada produk hasil buatannya.

Selain menghasilkan produk yang memiliki nilai jual tinggi. Alfira juga aktif menyebarkan pesan tentang eco fashion ini melalu berbagai acara seperti pameran dan juga workshop. Alfira juga aktif mengadakan workshop untuk para pelaku usaha kecil dan ibu rumah tangga. Ia mengajarkan keterampilan untuk menciptakan produk fashion yang berkualitas.

Melalui brand ini, Alfira dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar dan membantu memberdayakan masyarakat. Pebisnis yang seperti inilah yang membuat saya bangga. Semoga suatu saat nanti saya bisa manjadi seperti mba Alfira. Saya banyak belajar dari kisah mba Alfira, karena memang bisnis yang memiliki keunikan tinggi dan berbeda dengan yang lain akan membuat kita lebih dikenal oleh customer.

Bagi kamu yang ingin membeli produk semilir ecoprint atau yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis ini bisa langsung datang ke lokasi mereka

Griya Asri Pratama Blok A17, Balong, Donoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55518

Jam operasional: Senin-Kamis pukul 10.00 – 17.00 WIB & Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB.

0857-3550-9959

Instagram: @semilirecoprint

Website: www.semilirecoprint.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *