Bahaya Mata Kering Jika Dibiarkan Terlalu Lama

Bekerja secara remote memang ada sisi baik dan juga buruknya. Sisi baiknya adalah saya bisa memiliki kontrol atas diri saya sendiri dan tidak terikat dengan waktu. Namun, sisi buruknya adalah karena terbiasa terus menerus menatap layar maka mata saya menjadi kering dan juga cepat lelah. Terkadang tuntutan pekerjaan membuat saya tidak ada hentinya untuk menatap layar dan berpindah dari laptop, Ipad, handphone dan begitu terus setiap harinya.

Mengatasi pekerjaan yang menuntut kita untuk menatap layar ini salah satunya dengan memberikan pencegahan yang terbaik untuk mata kita. Dengan memberikan yang terbaik untuk mata, kita tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kesehatan mata. Perlu kalian ketahui, mata kering juga memiliki gejala lho! Berikut ini adalah beberapa gejala mata kering yang perlu kamu ketahui:

Gejala Mata Kering

1. Mata Merah

2. Mata berair karena iritasi pada mata

3. Sensitif terhadap sinar matahari

4. Mata seperti berpasir atau ada yang mengganjal

5. Terdapat lendir di sekitar mata terutama ketika bangun tidur.

6. Mata terasa cepat lelah

Lebih parahnya lagi bagi kamu yang selalu melihat layar selama berjam-jam, berada di lingkungan dengan udara yang kering, membaca buku dalam jangka waktu yang lama. Maka, kondisi mata kamu akan semakin memburuk. Jika tidak segera diatasi tentu akan menyebabkan peredangan, nyeri, bisul, atau bekas luka di kornea.

Jadi,jika kamu sudah memiliki beberapa gejala di atas jangan lupa untuk segera mengobatinya sehingga tidak terjadi bahaya yang lebih serius. Apa saja bahaya mata kering? Berikut ini adalah beberapa bahaya mata kering:

Bahaya Mata Kering

1. Infeksi Mata 

Air mata yang kita miliki memiliki fungsi untuk melindungi permukaan mata dari infeksi. Jika kandungan air mata tidak cukup maka mungkin saja kamu akan memiliki risiko peningkatan infeksi mata.

2. Kerusakan Pada Permukaan Mata

Mata kering apabila tidak diobati akan menimbulkan peradangan, abrasi permukaan kornea, luka pada kornea dan bahkan bisa terjadi kebutaan.

3. Kualitas Hidup Menurun 

Bahaya yang ditimbulkan oleh mata kering akan sulit melakukan aktifitas sehari-hari.

Setelah mengetahui betapa berbahayanya mata kering, sepertinya saya juga harus memperhatikan kesehatan mata saya. Bahkan di atas disebutkan salah satu bahaya kita membiarkan mata kering akan terjadi kebutaan, wah serem juga ya.

Penyebab Mata Kering

Selain menatap layar selama berjam-jam ternyata ada banyak faktor mata menjadi kering. Berikut ini adalah penyebab mata kering:

1. Penurunan Produksi Dalam Mata 

Dry Eye Syndrome adalah kondisi yang terjadi pada mata yang disebabkan oleh penurunan produksi pada mata. Salah satu penyebab penurunan produksi dalam mata adalah lanjut usia. Contohnya yaitu adalah menderita penyakit sistemik seperti lupus, diabetes, gangguan hormon tiroid dan sebagainya.

2. Peningkatan Penguapan Air Mata

Jika tidak mengandung lemak yang cukup, air mata cenderung untuk menguap dan mengakibatkan mata menjadi kering. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan air mata mudah untuk menguap. Sepert Defisiensi vitamin A, Terpapar polusi udara, reaksi alergi pada mata, Kebiasaan menatap layar terlalu lama, menderita penyakit Parkinson yang menyebabkan seseorang jarang berkedip.

Itulah penyebab mata kering yang sangat membahayakan mata. Bukan hanya penyakit, tapi kebiasaan-kebiasaan buruk seperti menatap layar terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab mata kering.

Namun, jangan khawatir karena kondisi mata kering ini sebenarnya bisa dikurangi gejalanya. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat dilakukan untuk menangani sindrom mata kering.

Cara Mengatasi Mata Kering

1. Melakukan perawatan mandiri seperti menghindari polusi udara, rutin berkedip, membersihkan mata secara rutin dan juga menghindari pemakaian kontak lens yang terlalu lama.

2. Menggunakan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Contoh obat-obatan yang dimaksud adalah seperti obat tetes mata antibiotik, obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid atau cyclosporine dan juga tetes mata serum autologous.

3. Menjalani terapi intensif pulsed light Therapy atau vectored Thermal pulsation yang dapat membuka sumbatan pada kelenjar minyak mata yang menyebabkan mata kering.

Solusi Mengatasi Mata Kering

Salah satu solusi untuk mengatasi mata kering seperti yang disebutkan di atas adalah dengan memberikan obat tetes mata yang dapat mengurangi gejala mata kering. Obat tetes maka yang pastinya sudah tidak asing dan memang saya gunakan adalah Insto Dry Eyes. Saya merasa mata saya kembali lebih bersih setelah menggunakan produk insto yang satu ini. Selain itu, Insto Dry Eyes juga dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Insto Dry Eyes menurut saya adalah #SolusiMataKering yang pas.

Alasan mengapa saya menggunakan INSTO DRY EYES adalah karena insto mengandung bahan aktif yang bekerja untuk memberikan efek pelumas seperti air mata yang mengatasi mata kering. Insto memiliki bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi mata. Ukurannya yang kecil yaitu hanya 7,5 ml membuat #InstoDryEyes sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Paling penting lagi Insto Dry Eyes juga sangat mudah ditemukan di apotek terdekat.

Dengan menggunakan Insto Dry Eyes secara rutin tentu saya tidak akan takut lagi mata menjadi kering. Menurut saya Insto benar-benar salah satu solusi mata kering yang pas. Tidak ada salahnya untuk menjaga mata kita dari sekarang sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan. Semoga teman-teman yang juga sering bekerja menatap layar komputer lebih peduli lagi dengan kesehatan mata ya karena bahaya mata kering benar-benar serius. Semoga artikel ini membantu teman-teman mengetahui bahaya mata kering ya terimakasih sudah berkunjung.

Sumber:

– https://health.grid.id/read/353558129/bahaya-yang-ditimbulkan-jika-mengalami-mata-kering-bisa-buta?page=all

– https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-mata-kering

XOXO

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *